5 Langkah Sehat Mengurangi Rasa Stres

Stres kerap melanda setiap orang seperti saat menghadapi deadline pekerjaan, tugas yang menumpuk, ujian sekolah dan lain sebagainya. Itu merupakan suatu respon yang normal dialami oleh seseorang apabila berada di situasi dan kondisi yang tidak menyenangkan atau diharuskan untuk beradaptasi dalam waktu cepat. Namun demikian, stres bukan suatu hal yang baik apabila terlalu lama mengganggu pikiran seseorang, karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi kesehatan.

Penting bagi kita untuk dapat mengolah rasa stres yang kita alami agar tidak terlalu larut dalam waktu yang lama. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mengurangi rasa stres, diantaranya adalah:

Jagalah kesehatan dengan cara olahraga atau aktivitas fisik secara teratur, tidur cukup, makan bergizi seimbang, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat

  1. Melakukan kegiatan sesuaikan dengan minat dan kemampuan

  2. Berpikir positif

  3. Tenangkan pikiran dan kembangkan hobi

  4. Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya

  5. Meningkatkan ibadah sesuai dengan agama masing-masing

Dengan mengetahui cara mengatasi stres diatas, diharapkan mampu memberikan efek positif yang mampu meringankan rasa stres yang dialami. Hindari berbagai kegiatan negatif untuk menghilangkan rasa stres seperti mengkonsumsi narkoba, menjauhi teman dan keluarga, hingga makan dalam porsi yang berlebihan untuk menghindari berbagai efek buruk yang akan membuat stress jauh lebih parah dan berkepanjangan.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta bersegera dalam menemui tenaga kesehatan seperti psikolog untuk apabila membutuhkan penanganan lebih lanjut dalam menangani stres.

 

Review: Astasari

https://promkes.kemkes.go.id/5-langkah-sehat-mengurangi-rasa-stres